Manfaat Klorofil untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui




Klorofil atau biasa di sebut dengan zat hijau daun ini di klaim mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan manusia. Khususnya untuk mencegah penyakit kanker, karena klorofil ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker dalam tubuh anda.

Menurut wikipedia sendiri, klorofil adalah pigmen yang dimiliki oleh berbagai organisme (tumbuhan) dan menjadi salah satu molekul berperan utama dalam fotosintesis. Klorofil memberi warna hijau pada daun tumbuhan hijau dan alga hijau, tetapi juga dimiliki oleh berbagai alga lain, dan beberapa kelompok bakteri fotosintetik. Maka dari itulah klorofil biasa disebut dengan "zat hijau daun".

Berikut adalah manfaat klorofil:


1. Memperkaya darah dengan nutrisi yang membantu membangun besi yang pada gilirannya akan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Namun, tidak hanya kuantitas yang meningkat, tetapi juga kualitas yang mengarah pada perbaikan sirkulasi darah dan peningkatan produksi energi.

2. Selain membantu membersihkan tubuh, klorofil juga membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

3. Salah satu manfaat kesehatan paling penting adalah kemampuan klorofil dalam mengurangi efek buruk polusi.

Perokok juga bisa mendapatkan manfaat klorofil untuk mengiringi usaha mereka dalam berhenti merokok.



4. Kandungan magnesium klorofil membantu kelancaran transportasi oksigen ke semua sel dan jaringan tubuh.

Zat ini juga membantu stimulasi sel darah merah dan dengan demikian meningkatkan suplai oksigen.

5. Properti antioksidan yang dimiliki klorofil membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan juga efektif mengurangi peradangan.

6. Klorofil membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, membantu penyembuhan luka, dan meningkatkan peredaran darah, pencernaan, serta sistem detoksifikasi.

7. Pengikatan karsinogen oleh DNA dapat merugikan kesehatan. Klorofil membantu mencegah kondisi ini.

8. Klorofil memiliki sifat chelation. Chelation adalah proses menghilangkan logam berat dari aliran darah.

Artinya, klorofil dapat menghilangkan logam berat beracun seperti merkuri dan timbal dari tubuh.

9. Bau mulut, urin yang berbau, dan bau badan bisa diatasi dengan penggunaan klorofil. Substansi ini juga mempromosikan saluran pencernaan yang sehat sehingga mencegah bau mulut dan bau badan.

Sumber Klorofil

Berbagai sayuran berdaun hijau seperti alfalfa, brokoli, bayam, selada, sawi hijau, kangkung, dll merupakan sumber klorofil yang baik.

Namun, suplemen klorofil dianggap memiliki kelebihan karena klorofil pada sayuran umumnya telah rusak selama proses pemasakan.[]
Previous
Next Post »
Thanks for your comment