Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami - Timbulnya karang pada gigi memang dianggap sebagai hal yang sepele bagi sebagian orang. Bahkan kebanyakan orang cenderung mengabaikannya. Padahal jika karang gigi dibiarkan terus menerus maka akan semakin lebar dan jika tidak segera di atasi maka gigi anda akan semakin keropos.

Dan tahukah anda efek terburuk dari hal sepele seperti karang gigi tersebut? Hal terburuk yang bisa diakibatkan oleh karang gigi adalah munculnya penyakit kanker mulut. Mengerikan bukan? Maka dari itu sudah seharusnya bagi anda untuk mengetahui cara membersihkan karang gigi untuk mencegah timbulnya penyakit mengerikan sejenis kanker.

1. Menggosok gigi sesudah makan atau minimal 2x sehari
Bagian gusi juga harus diperhatikan. Bersihkan gusi atas dengan menggosok dari atas ke bawah, sedangkan untuk gusi rahang bawah gosokklah dari arah bawah ke atas.

2. Menggunakan Bji Asam Kawak
– Sangrai biji asam kawak
– Blender atau tumbuk biji asam kawak hingga menjadi bubuk
– Gunakan bubuk asam kawak untuk menggosok area gigi yang terdapat plak/karang gigi dengan menggunakan sikat gigi atau kapas.

3. Cengkeh untuk mengatasi karang gigi
– Sediakan 7 butir cengkeh
– Tumbuk halus
– Setelah itu gosokkan pada karang gigi secara perlahan agar tidak melukai gusi.
– Selain dengan cara digosokkan pada karang gigi, bubuk cengkeh juga dapat digunakan untuk berkumur.

4. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Buah Apel
Mengkonsumsi apel tanpa dikupas dapat membantu membersihkan karang gigi secara alami. Manfaat lainya adalah kandungan gizi pada apel berfungsi melindungi gigi dari plak.

5. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung
Kedua jenis bahan makanan ini adalah pemicu timbulnya plak pada gigi. Usahakan untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan yang manis atau minimal berkumur menggunakan mouthwash.

6. Menggunakan pasta gigi khusus
Ada beberapa jenis pasta gigi yang dapat digunakan untuk menghilangkan atau minimal mengurangi karang gigi. Pilih pasta gigi dengan komposisi fluorid atau tartar control, kedua zat ini mampu menghilangkan karang gigi.

7. Mengatasi Karang Gigi Dengan Baking soda
Baking soda adalah merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan karang gigi.

Cara penggunaanya:
-Tuangkan 1 sendok baking soda
-Basahi sikat gigi menggunakan air
-Jadikan baking soda sebagai pengganti pasta gigi

8. Melakukan sikat gigi dengan benar


Meskipun Anda menyikat gigi setiap hari, tetapi jika dilakukan dengan cara yang salah, kototan pada gigi tidak akan bersih dengan sempurna sehingga dapat membentuk karang gigi. Gosoklah gigi dengan cara membuat bulatan kecil dari bawah ke atas, bukan dari kiri ke kanan seperti ketika menggosok pakaian.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment