Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi

Sariawan adalah suatu kondisi dimana mulut bagian dalam mengalami luka. Pada umumnya ditandai dengan permukaan luka yang cenderung putih kekuning-kuningan. Masalah mulut ini yang walaupun cukup sepele karena tubuh dapat mengobatinya sendiri namun cukup mengganggu juga. Apalagi dengan fakta bahwa sariawan dapat menimpa siapa saja dari usia dewasa hingga balita.

Jika kita saja sebagai orang dewasa pasti merasakan "bad mood" jika sedang sariawan yang membuat kita malas makan ataupun malas bicara, bagaimana jika sariawan ini menimpa balita? Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba mengulas tips tentang bagaimana mengobati sariawan pada bayi.

Jika pada orang dewasa, sariawan sering terjadi karena adanya gesekan antara gigi dan permukaan mulut bagian dalam yang cukup keras sehingga menimbulkan luka, ada juga sariawan yang disebabkan oleh panas dalam sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah atau bahkan luka, itulah sering disebut sebagai sariawn.  Sariawan pada bayi sebenarnya disebabkan oleh "jamur candida". Jamur tersebut membuat bibir bayi menjadi infeksi dan disitu proses terjadinya sariawan pada bayi.

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi
Solusi pengobatan yang efektif dan terbaik untuk menyembuhkan sariawan di balita atau bayi yaitu dengan cara berikut ini : 

  1. Usahakan jangan sampai bibir bayi tergigit secara tak sengaja, contohnya pada waktu makan jangan ajak sang bayi bercanda. Dan pada waktu tidur, posisi tidur bayi harus benar sehingga akan mengurangi resiko bibir bayi tergigit dan luka. Juga bisa membiasakan bayi berkumur menggunakan obat kumur yang aman dan khusus untuk bayi.
  2. Cara kedua yaitu jagalah kebersihan mulut bayi Anda, biasakan bayi untuk gosok gigi.
  3. Yang ketiga yaitu vitamin bayi harus cukup, jangan sampai bayi kekurangan vitamin. Contohnya vitamin C serta vitamin B, yang berguna untuk mempercepat proses dari penyembuhan luka.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment